Rabu, 13 Juni 2012

Fungsi Dasar Sistem Operasi



1. SO yang sering disebut RESOURCE ALLOCATOR yang berfungsi sebagai progam pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggun akoputer yang tidak perlu.
2. Resource Manager yang berfungsi untuk mengalokasi sumber daya seperti memory, CPU, printer,disk drive dan perangkat lain.
3. Interface Berfungsi sebagai perantara antara pengguna dengan hardware untuk menyediakan lingkungan yang bersahabat (user friendly)
4. Coordinator berfungsi manyediakan fasilitas sehingga aktifitas yang komplek dapat diatur untuk dikerjakan dalam urutan yang telah disusun sebelumnya.
5. Guardian berfungsi menyediakan kontrol akses yang melindungi file dan memberi pengawasan pada pembacaan/ penulisan / eksekusi data dan progam.
6.Gate Keeper berfungsi mengendalikan siapa saja yang berhak masuk (log) kedalam sistem dan mengawasi tindakan apa saja yang mereka kerjakan ketika sudah log ke dalam sistem.
7. SO sebagai optimer berfungsi untuk menjadwal pemasukan (input) oleh pengguna, pengakses basis data, proses komputasi dan pengeluaran (output) untuk meningkatkan kegunaan.
8. Accountan berfungsi mengatur CPU penggunaan memory pemanggilan I/O, disk stronge dan waktu koneksi terminal.
9. Server berfungsi untuk menyediakan layanan yang sering dibutuhkan pengguna baik sistem ekplisit maupun inplisit.

0 komentar:

Posting Komentar