Rabu, 13 Juni 2012

MSCONFIG



System operasi, Windows
Apakah MSCONFIG itu ?
Bagi sebagian teman-teman,mungkin sudah biasa dengan yang namanya MSCONFIG.Tapi tidak ada salahnya , kalau saya membahasnya disini,mungkin untuk yang belum kenal atau buat catatan untuk saya sendiri.
Msconfig adalah tools untuk men-setting configurasi di windows,kalau dulu pakai dos seperti config.sys.
Secara normal (tanpa gangguan virus /tangan jahil) msconfig bisa diakses dengan cara ketik msconfig di menu run,maka akan tampil jendela msconfig.
Antara lain tab-nya adalah:
1. General,Tab ini berisi :
* Normal start up,Yaitu wondows akan me-load (manjalankan ) semua file driver , start up , service yang terinstall di system Windows.Ini berguna bagi pengguna yang menginginkan program yang diinstall sesuai dengan rekomendasi dari vendornya,contohnya photoshop dengan adobe gamma-nya.
* Dianognostic start up,sesuai dengan namanya,startup ini digunakan untuk men-diagnosa windows kalau ada kesalahan system,sehingga tidak bisa bekerja secara normal.Di posisi start up ini windows akan menjalankan driver dan service windows yang utama (pokok bawaan windows).
* Selective start up ,ini digunakan bila windows benar-benar posisi error.Tidak disarankan untuk yang belum pernah.Disini kita bisa menjalankan hanya file yang tertulis di system.ini,Win.ini,service atau start up items tergantung pilihan kita, dengan mencheck atau uncheck pilihan yang ada.Cara ini bisa digunakan untuk tidak menjalankan virus yang dijalankan windows waktu booting.
* Launch system restore , digunakan untuk menjalankan system restore,untuk mengembalikan ke waktu tertentu.Tapi saya sarankan untuk mematikan system restore aja,disamping ada virus tertentu yang memanfaatkan system restore untuk tetap eksis,juga untuk menjaga performa komputer kita.Sebab system restore akan menyimpan semua perubahan file di setiap partisi.
* Expand file,ini digunakan untuk mengembalikan file instalasi dari sumbernya *.cab contohnya driver.cab tapi saya sendiri belum coba.. :)
2. System.ini, Win.ini , adalah daftar isi file yang dijalankan oleh system atau Windows waktu booting.File yang ada disini akan dijaga oleh System . Makanya ada virus yang tidak bisa di stop (dihapus ) karena virus tersebut terdaftar di system.ini atau win.ini.
3. Boot.ini , adalah tab dimana kita diberi pilihan untuk menentukan pilihan booting waktu restart nanti,pilih safe boot (safe mode) ,Noguiboot (tanpa menampilkan boot screen) dst.
4. Services,tab ini adalah tempatnya kita memilih service yang dipakai atau tidak.misalnya komputer hanya dipakai tanpa network (hubungan ke komputer lain) maka tidak usah pakai work station dst.
5. Start up , disini kita bisa memilih file mana yang dijalankan (atau tidak) waktu startup biasanya yang sering , virus start up disini.Itu sebabnya kenapa msconfig di disable oleh sebagian virus (contoh Brontok).
6. Ada sebagian windows yang menampilkan tab tools,disini ada beberapa tools bawaan windows yang dapat digunakan sesuai kebutuhan.
Mungkin ini hanya sekilas gambaran msconfig , untuk lebih jelasnya bisa menggunakan eyang google untuk membantu mencarikan. :D …ayo belajar…belajar … dan belajar…..
Oya!! ada yang hampir terlupakan, Untuk membuka msconfig yang didisable oleh virus kita bisa gunakan tool seperti hijack this atau tool lainnya dll
Sumber: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/software/2073846-apa-yang-disebut-msconfig-itu/#ixzz1jLFNuwIz

0 komentar:

Posting Komentar